Save Dan Load Dengan Plugin Local Storage Di Construct 2
Assalamuallaikum.wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu plugin save dan load dengan plugin local storage di construct 2, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, constructss 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.
Buka construct 2 nya pilih new (untuk membuat project baru)
Pilih new empty project (membuat project baru dengan lembar kosong) lalu klik open
Pada lembar kerja kalian akan melihat ukuran layout yang masih belum teratur, atur pada layout sizenya menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Kalian atur juga pada window size menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Kalian buatlah 3 object plugin sprite, 1 object plugin text, 1 object plugin touch dan 1 object plugin local storage
1 object plugin sprite kalian berikanlah nama sentuh
Lebar(width: 64px
Panjang(height: 64px
2 object plugin sprite kalian berikanlah nama savesprite, object ini berfungsi untuk menyimpan game kita
Lebar(width: 84px
Panjang(height: 84px
3 object plugin sprite kalian berikanlah nama loadsprite, object ini berfungsi untuk meload hasil penyimpanan game sebelumnya
Lebar(width: 84px
Panjang(height: 84px
1 object plugin text kalian berikanlah nama text nilai
Lebar(width: 336px
Panjang(height: 50px
Kalian aturlah Semua object menjadi seperti ini
Masuklah kedalam event sheet dan buatlah global variable dengan
Nama: nilai
Type: number
Value: 0
Dan buatlah event seperti ini
Artinya
Event, setiap saat atau setiap waktu
Action, object plugin text yaitu text nilai akan memunculkan text yaitu nilai dari global variable nilai
Buatlah lagi eventnya
Artinya
Event 1, jika kalian klik pada object plugin sprite yaitu savesprite
Action, maka plugin local storage akan membuat yaitu dengan kunci yaitu “nilai” dan value “nilai dari global variable yaitu nilai”
Event 2, jika kalian klik pada object plugin sprite yaitu loadsprite
Action, maka plugin local storage akan mengecek apakah kunci yaitu “nilai”
Kalian buatlah event terakhirnya
Artinya
Event, plugin local storage akan mengaktifkan item dengan kunci yaitu “nilai”, jika ada penyimpanan, jika tidak ada maka tidak akan diaktifkan
Action, system akan menjadikan nilai dari global variable yaitu nilai dari itemvalue pada local storage
Bisa dikatakan jika saat save game maka kita membuat kata kunci nilai dan valuenya adalah global variable jadi yang disimpan pada local storage adalah valuenya
Bisa dikatakan jika saat melakukan load game, local storage akan mengecek apakah kata kunci nilai ada didalam local storage atau tidak, jika ada maka local storage akan mengaktifkan kata kunci yaitu nilai, dan value dari global variable nilai akan diisi dari value yang tersimpan tadi
selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Baca Juga
Post a Comment
Post a Comment