Iklan Billboard 970x250

Behaviore Jump thru

Behaviore Jump thru


Assalamuallaikum.wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu behavior jump thru di construct 2, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, construct 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.

Kali ini saya akan membahas mengenai behavior jump thru
Apa itu behavior jump thru?
Behavior jumpt thru adalah behavior yang berfungsi menjadi pijakan jika player berada diatas, tetapi jika player berada dibawah dan melompat ke atas maka object yang menggunakan behavior jump thru akan tembus dan bisa dilewati oleh player, tapi saat sudah melompat selesai dan player menyentuh object tersebut maka akan menjadi pijakan lagi

Buka construct 2 nya pilih new (untuk membuat project baru)





Pilih new empty project (membuat project baru dengan lembar kosong) lalu klik open





Pada lembar kerja kalian akan melihat ukuran layout yang masih belum teratur, atur pada layout sizenya menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px





Kalian atur juga pada window size menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px





Buatlah 3 object sprite dan 1 object plugin keyboard:





1 object beri nama pijakan dan tambahkan behavior solid
Lebar(width): bebas sesuai keinginan kalian, usahakan lebar sama dengan lebar layout
Panjang(height): bebas sesuai keinginan kalian, usahakan jangan terlalu panjang dan pendek

2 object beri nama player dan tambahkan behavior platform
Lebar(width): 64px
Panjang(height): 64px

3 object beri nama pijakanjumpthru dan Tambahkan behavior jump thru
Lebar(width): 250px
Panjang(height): 38px

Kalian masuk kedalam event sheet dan buat eventnya




Artinya
Event 1, jika player menekan tombol panah kiri pada keyboard
Action, maka player akan bergerak ke arah kiri
Event 2, jika player menekan tombol panah kanan pada keyboard
Action, maka player akan bergerak ke arah kanan
Event 3, jika player menekan tombol panah atas pada keyboard
Action, maka player akan melompat

Dan kalian buatlah event terakhir




Artinya
Event , jika kalian menekan tombol panah bawah pada keyboard
Action, maka player akan menembus object pijakanjumpthru

selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post