Membuat Tower Di Construct 2
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu membuat tower di construct 2, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, construct 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.
Buka construct 2 nya pilih new (untuk membuat project baru)
Pilih new empty project (membuat project baru dengan lembar kosong) lalu klik open
Pada lembar kerja kalian akan melihat ukuran layout yang masih belum teratur, atur pada layout sizenya menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Kalian atur juga pada window size menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Buatlah 5 object sprite
Object 1 beri nama pijakan dan Tambahkan behavior solid
Pijakan:
Lebar(width): bebas sesuai yang kalian inginkan, usahakan pas dengan ukuran layout
Panjang(height): bebas sesuai yang kalian inginkan, usahakan jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek
Object 2 beri nama player dan Tambahkan behavior platform
Player:
Lebar(width): 64px
Panjang(height): 64px
Object 3 beri nama tower ubah posisi imagepointnya berada diatas yang berfungsi untuk mengeluarkan peluru
Tower:
Lebar(width): bebas asalkan jangan terlalu lebar
Panjang(height): bebas asalkan jangan terlalu panjang
Object 4 beri nama peluru, object ini yang akan menembak ke arah player, Tambahkan behavior bullet
Peluru:
Lebar(width): 20px usahakan peluru jangan terlalu besar
Panjang(height): 20px usahakan sama dengan ukuran lebar
Usahakan posisi peluru berada diluar layout
Object 5 beri nama jangkauan, object ini yang jika player menyentuhnya maka peluru dari tower akan menembak
Jangkauan:
Lebar(width): bisa kalian tentukan sendiri jangkauan berapa tower akan menembak
Panjang(height): jangan terlalu panjang asalkan player dapat menyentuhnya
Dan aturlah seperti ini
Masuklah kalian kedalam event sheet, dan buatlah eventnya
Artinya
Sub event, setiap 0.5 detik
Event, jika player menyentuh jangkauan
Action 1, tower akan membuat object peluru berada pada layer 0, imagepoint tower tower yaitu 0
Action 2, peluru akan mengubah posisi serangnya yaitu kepada player
Buatlah event terakhir
Artinya
Event, jika peluru menyentuh pijakan
Action, peluru akan hancur,tujuan dihancurkannya peluru agar tidak membuat object peluru yang telah ditembahkkan ke player tidak menumpuk yang akan menyebabkan game menjadi berat
Player tidak akan ditembak oleh tower karena player tidak menyentuh jangkauan
Saat player menyentuh jangkauan maka tower akan menembak
selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Baca Juga
Post a Comment
Post a Comment