Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 2
Langsung saja kita lanjutkan tutorial sebelumnya yaitu “Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 1”
Buat event seperti ini
Artinya
Event, jika player menyentuh item yang berada dilayer game atau layer 0, dan array x maka ukuran item akan menjadi width 23px dan height 23px.
Sub event
Jika value item nama belum ada atau belum terdaftar diarray dan value array x masih 0 maka item akan diset atau didaftrkan kedalam array dengan menggunakan instance variable namaitem pada family item.
Buat lagi eventnya
Artinya
Event
array x, object slot mempuyai instance variable slot dan value slot mengecek value melalui array x
Sub event
value array akan diganti dengan instance variable pada object item, jika player sudah menyentuh item 1 maka item 1 akan pindah ke layer 1 atau layer inventory dan posisi object akan pindah ke object slot yang telah ditentukan.
Buat global variable yaitu
Nama: slotaktif
Type : number
Value: 0
Buat event seperti ini
Artinya
Event, jika kita klik object item yang menyentuh object slot, dan berada dilayer 1 atau layer inventory dan value slotaktif masih 0
Action, maka array akan menghapus namaitem object dari daftar, dan array akan mengubah ukuran array seperti semula karna jika tidak diubah jadi semula maka array akan berkurang, dan item akan pindah ke posisi slotaktif, dan global variable akan diset menjadi 1.
Buat lagi eventnya
Artinya
Event, jika kalian klik object item yang berada pada layer 1 atau layer inventory dan menyentuh slotaktif, dan global variable slotaktif 1
Action, item akan berpindah atau balik lagi ke object slot dan slotaktif menjadi 0
Sub event, jika value item nama belum ada atau belum terdaftar diarray dan value array x masih 0
Action, item akan diset atau didaftrkan kedalam array dengan menggunakan instance variable namaitem pada family item.
Kalian buat lagi object sprite dengan nama
Item1aktif dan item2aktif dilayer game tapi posisi object berada diluar layout
Fungsinya agar nanti jika object item1 menyentuh object slotaktif item1aktif akan berada pada player, dan sama juga layaknya object item2
Buat lagi eventnya
Event 1, Jika instance variable nama item valuenya item1.namaitem berada dilayer 1 atau layer inventory dan slotaktif 1 dan item menyentuh object slotaktif
Action, item1aktif akan berada diposisi image point player.
Dan item2 juga sama seperti itu dan item lainnya jika ingin menambahkan.
Buat instance variable pada object item1aktif dan item2aktif yaitu
endx: posisi object item1aktif saat diluar layout
endy: posisi object item1aktif saat diluar layout
lakukan hal yang sama pada object item2aktif
Kembali lagi keevent sheet, buat event lagi
Artinya
Event 1, Jika item instance variable namaitem yaitu item1.namaitem berada pada layer 1 atau layer inventory dan item tidak menyentuh slotaktif
Action, object item1aktif berpindah posisi menjadi:
Width: value pada instance variable endx
Height: value pada instance variable endy
Event 2, Jika item instance variable namaitem yaitu item2.namaitem berada pada layer 1 atau layer inventory dan item tidak menyentuh slotaktif
Action, object item2aktif berpindah posisi menjadi:
Width: value pada instance variable endx
Height: value pada instance variable endy
game baru dimulai
saat player menyentuh item1 atau item2 dan item tersebut berpindah layer dan pindah posisi
saat item dilayer inventory diklik maka item akan pindah ke slotaktif, dan jika item yang dislot aktif diklik maka item akan kembali ke dalam slot
saat item menyentuh object slotaktif maka item1aktif akan berada pada posisi player yaitu image point 0
Untuk tutorial part 1 nya bisa kalian lihat pada tutorial “Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 1”
selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Part 1 : https://www.construct-2.com/2018/12/inventory-menggunakan-plugin-array-di_19.html
Part 1 : https://www.construct-2.com/2018/12/inventory-menggunakan-plugin-array-di_19.html
Baca Juga
Post a Comment
Post a Comment