Iklan Billboard 970x250

Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 1

Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 1

Assalamuallaikum.wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu inventory menggunakan array di construct 2 part 1, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, construct 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.

Buat new project, ubah dulu ukuran layout sizenya width: terserah kalian ukurannya height: 320px
Dan pada window sizenya width: 640px dan height: 320px.

Kalian buat 2 layer ,layer 0 diubah menjadi layer game dan layer 1 diubah menjadi layer inventory.



Pada layer inventory ubah parallax menjadi width 0px dan height 0px agar object yang berada dilayer inventory tidak  bergerak, dan ubah initial visibility menjadi invisible atau tidak terlihat



Pada layer game kalian buat object keyboard, touch, array dan 4 object sprite yaitu, pijakan jangan lupa berikan behavior solid, player jangan lupa kalian Tambahkan behavior platform, item 1 dan item 2 object ini yang akan masuk kedalam inventory
Array:
Width: 2 (“karna saya hanya akan memberikan contoh 2 item, jika ingin lebih bisa kalian tambahkan widthnya”)
Height: 1
Depth: 1
Pijakan :
Width: bebas
Height: bebas
Player :
Width: 64px
Height: 64px
Item1 dan item 2 :
Width: 32px
Height: 32px



Pada layer inventory kalian buat object inventory dan object slot ini yang akan berada diposisi image point inventory





Slot:
Height: 45px
Width: 45px
Copy paste object slot menjadi beberapa sesuai dengan kotak yang ada diobject inventory



saya mengcopy paste hanya menjadi untuk item1 dan 2.

Buat lagi object slotaktif dan posisikan object ini pada layer inventory



Slotaktif:
Width: 45px
Height: 45px

Kalian buat image point disetiap kotak yang ada.



kalian buat buat eventnya



Artinya 
Event 1, jika kalian tekan space pada keyboard maka system akan set layer 1 atau layer inventory menjadi visible atau terlihat
Event 2, jika kalian tekan angka S pada keyboard maka system akan set layer 1 atau layer inventory menjadi invisible atau tidak terlihat

Buat family dan masukkan object item1 dan item2 beri nama family menjadi item



Pada family item kalian buat instance variable dengan :
Nama: namaitem
Type: text
Value: dikosongkan diisi dari object item1 dan item2
Otomatis object item1 dan item2 sudah terbuat instance variablenya tetapi belum ada valuenya, kalian isi value pada object item1 misalnya darah ,dan item2 mana





Buat event control player



Buat event every trick



Tentukan posisi object slotaktif yaitu diimage point 3 pada object inventory, object ini berfungsi untuk item yang akan digunakan player.
Lihat uid object slot 1 per 1dan tentukan posisi pindahnya, jika tidak menggunakan uid diobject yang sama yang hanya copy paste maka objectnya hanya akan pindah pada posisi yang pertama, jangan lupa kalian buat instance variable pada object slot dengan
Nama: slot
Type: number
Value: 0 pada value kalian ubah pada uid yang berbeda menjadi angka yang berurutan, missal uid 8 value 1, uid 9 value 2 dan seterusnya, berfungsi untuk inventory agar array berfungsi.

Kita sudahi saja dulu kita lanjutkan pada tutorial selanjutnya “Inventory Menggunakan Plugin Array Di Construct 2 Part 2”

semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post