Jetpack di construct 2
Assalamuallaikum.wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu jetpack di construct 2, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, construct 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.
Buka construct 2 nya pilih new (untuk membuat project baru)
Pilih new empty project (membuat project baru dengan lembar kosong) lalu klik open
Pada lembar kerja kalian akan melihat ukuran layout yang masih belum teratur, atur pada layout sizenya menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Kalian atur juga pada window size menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px
Kalian buatlah 3 object plugin sprite dan 1 object plugin partikel
1 object sprite berilah nama pijakan dan berikan behavior solid
Lebar(width: bebas sesuai keinginan kalian usahakan lebar sama dengan lebar layout
Panjang(height: bebas sesuai keinginan kalian usahakan tidak terlalu panjang atau pendek
2 object sprite berilah nama player dan berikan behavior platform dan behavior 8direction
Lebar(width): 64px
Panjang(height): 64px
Pada behavior 8direction kalian disable terlebih dahulu
Kalian buatlah imagepoint baru posisikan disebelah kiri sprite
3 object sprite berilah nama jetpack
Lebar(width): sesuai ukuran lebar jetpack buatan kalian
Panjang(height): sesuai ukuran panjang jetpack buatan kalian
Kalian buatlah imagepoint baru dan tempatkan dibagian bawah jetpack untuk keluarnya api
1 object plugin partikel
Atur angle yaitu menjadi 90 derajat karena nanti partikel akan keluar kea rah bawah
Dan atur seperti ini
Kalian masuklah kedalam event sheet
Kalian buatlah global variable
Dengan nama jetpackon
Type number
Dan nilai 0
Dan buatlah eventnya
Artinya
Event, jika player menyentuh object jetpack
Action 1, maka behavior platform pada player akan disable atau dimatikan
Action 2, maka behavior 8direction pada player akan dienable atau dihidupkan
Action 3, maka nilai global variable jetpackon akan diset menjadi 1
Buat lagi eventnya
Artinya
Event, jika global variable jetpackon adalah 1
Action, maka object jetpack akan berada diposisi imagepoint player yaitu 1
Buat lagi event terakhirnya
Artinya
Event, setiap waktu atau setiap saat, nilai global variable jetpackon adalah 1 dan player tidak menyentuh pijakan
Action, maka object partikel akan berada diposisi imagepoint jetpack yaitu 1
selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Baca Juga
Post a Comment
Post a Comment